8 Cara Hemat Baterai Android

cara menghemat baterai android
cara menghemat baterai android
cara menghemat baterai android

Menurut pokertiam sebagai sistem operasi yang menguasai pangsa pasar smartphone di dunia, Android memang susah disaingi, bahkan oleh perusahaan Apple sekalipun. Namun, prestasi sama sekali tidak menandakan bahwa sistem operasi android bebas dari masalah. Faktanya, satu tantangan utama yang sering dirasakan oleh pemakai Android ialah baterainya yang ingin cepat habis. Nah,bila kamu juga memandang demikian, maka sebetulnya ada lho sejumlah cara irit baterai Android yang dapat kamu lakukan. Penasaran?

1. Selalu update software kamu
Mengapa sih pengembang selalu memperbarui software mereka? Salah satu alasannya ialah untuk mengoptimalkan pemakaian kenangan dan baterai pada ponsel pintar kamu. Harapannya, semakin dimodernisasi maka semakintidak banyak pula baterai yang bakal dikonsumsi oleh aplikasi. Maka dari itu, bilalau ada pengumuman update software tertentu, maka usahakanlangsung saja anda update.

2. Perhatikan software yang sedang berjalan
Satu kelaziman dari pemakai Android ialah kecenderungannya mengerjakan multitask, alias membuka tidak sedikit tab software pada masa-masa yang bersamaan. Padahal di samping memakan tidak sedikit RAM, semua software yang sedang anda buka tersebut juga efektif menyedot baterai ponsel kamu. Jadi, hindarilah kelaziman membuka tidak sedikit aplikasi. Lagipula, anda kan melulu akan memakai satu software saja pada satu waktu, kan?

3. Gunakan greenify
Menggunakan Greenify ialah salah satu teknik hemat baterai android yang efektif guna dilakukan. Pasalnya, software jawara ini dapat membuatsoftware lain masuk pada mode hibernasi. Sehingga, software yang tidak kamu pakai tidak akan dapat berjalan dengan sendirinya atau wakelocks.

4. Jangan pakai fitur auto brightness
Ya, pasti fitur ini terdengar paling fungsional. Tetapi bila kamusimaklah dengan baik, seringkali fitur ini justru ingin menyetel brightness yang lebih cerah dari yang anda inginkan. Padahal anda tahu sendiri bahwa layar ialah salah satu fitur ponsel yang sangat menyedot baterai. Sehingga teknik terbaik guna menghemat baterai smartphone kamuialah dengan mematikan fitur auto brightness dan menyetel sendiri kecerahan layar anda secara manual.

5. Menggunakannya pada ketika diperlukan ialah cara irit baterai android sangat efektif
Kamu sungguh tidak perlu memakai ponsel Android anda seharian penuh. Jadi kapanpun anda tidak membutuhkannya, matikanlah fitur-fitur laksana wifi, bluetooth, sistem GPS, data seluler dan lain-lain. Jika kamuberkeinginan beristirahat tidur, maka lebih baik matikan ponsel anda seutuhnya.

6. Pakai charger pribumi kamu
Kalau anda sering memakai charger hp lain guna mengecas smartphone kamu, maka usahakan kelaziman ini segera anda hentikan. Sebabkelaziman ini bakal memperpendek usia dari baterai ponsel kamu. Kamupasti tidak mau tersebut terjadi, bukan? Nah, makanya tidak jarang kali biasakan memakai charger original.

7. Hindari memakai wallpaper bergerak
Kamu barangkali orangnya suka sesuatu yang bergerak dan dinamis, namun mbok ya gak mesti anda tunjukkan dengan menggunakan wallpaper bergerak atau live wallpaper. Pasalnya, wallpaper bergerak bisa dengan cepatmenguras baterai ponsel kamu. Oleh karena itu, jauh lebih baik bilamana kamu melulu menggunakan wallpaper yang statis saja.

8. Mau lebih irit baterai lagi? Gunakan wallpaper yang bernuansa gelap
Ini sih lebih diperuntukkan kepada anda pemakai ponsel Android dengan layar AMOLED. Layar ini seringkali digunakan pada nyaris semua smartphone brand Samsung. Nah, bila ponsel android anda punya jenis layar yang laksana ini, maka usahakan gunakanlah wallpaper bernuansa gelap. Sebab layar AMOLED melulu menerangi pixel berwarna. Sementara warna hitam tersebut tergolong pada pixel yang tidak berwarna. Sehingga semakin gelap nuansa wallpaper yang anda gunakan, maka semakin rendah pula daya baterai yang dipakai layar AMOLED.

Jadi, itulah 8 teknik hemat baterai Android yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah. Intinya ialah bukan pada daya baterai yang anda punya,namun lebih untuk seberapa arif kamu memakai daya dari baterai ponsel kamu. Bijaklah dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *